Dari sekedar hobi menjadi laba



Setiap orang pasti memiliki hobi, beragam hobi telah banyak menjadi sesuatu hal yang sangat menarik bagi seseorang, tidak selamanya hobi itu harus mahal oleh karena itu banyak orang berpikir lebih menyenangkan untuk dilakukan adalah menekuni hobi.  Setiap akhir pekan atau setiap ada waktu luang, hobi adalah hal yang menyita waktu Anda untuk Anda lakukan secara senang hati dan tanpa rasa bosan, mungkin hobi anda main game, menjadi kolektor, naik motor, mendengarkan musik, dll..
Walaupun hanyalah kegiatan sampingan, jangan memandang remeh hobi. Sudah banyak usahawan yang sukses “menyulap” hobinya menjadi bisnis dan menghasilkan keuntungan dari hobi tersebut. Mulai dari gerai makanan, bengkel, salon dan gerai butik.  Tak jarang, bisnis-bisnis ini yang dimulai dengan modal kecil kemudian tumbuh dengan pesat dan menjadi bisnis besar, semuanya itu karena dilakukan dengan senang hati berdasarkan kecintaan kepada hobi tersebut.
Hobi terkadang tidak pernah ditanggapi serius oleh beberapa kalangan tertentu, karena toh itu hanya sekedar hobi tetapi bagi mereka yang telah mendalami hobi mereka dan menemukan potensi berharga di dalamnya,  Anda akan lebih banyak menghasilkan hasil karya berkualitas yang benar-benar Anda pahami detail produknya, terutama nilai jualnya tentu saja karena produk dari hobi anda berbeda dan memiliki ciri khas tertentu yang menjadi ciri khasnya.   
Hobi anda bisa mengasilkan keuntungan jika dikerjakan dengan perencanaan yang matang sehingga hasil produksinya nanti akan memiliki nilai jual, tetapi anda harus menyakinkan diri anda apakah anda ingin melakukannya selama 5-10 tahun ke depan?? hal in idimaksudkan untuk mencegah stagnasi pada usaha anda. Jika anda telah yakin, saatnya untuk melakukan perencanaan yang lebih dalam dan terarah, perencanaan teknis seperti bentuk produk, jumlah produksi, distribusi produk serta promosinya harus segera mulai direncanakan sedini mungkin agar anda lebih siap lagi, satu hal juga yang sangat penting adalah modal, berapa modal yang anda butuhkan harus diperhitungkan dengan baik. strategi pemasaran juga harus dipikirkan baik-baik, jika hobi anda mempunyai suatu komunitas, maka anda bisa mulai dengan mengenalkan produk anda pada komunitas tersebut. Semoga Sukses dan Selamat Mencoba.

0 comments:

Post a Comment